MEMURNIKAN AQIDAH MENEBARKAN SUNNAH --- www.akal-renungan.blogspot.com

SELAMAT DATANG


Selamat Datang Ke Laman Blog Kami....Semoga Kita Semua Gembira Dan Bersyukur Dengan Pemberian Nikmat Kehidupan Ini Oleh ALLAH S.W.T,Disamping Aktiviti Seharian Kita Dengan Tidak Melalaikan Segala PerintahNYA..... ***LUAHAN THEOSUFI*** MAKLUMAN ADALAH DIBENARKAN UNTUK MENYALIN, MENCETAK ATAU MENYEBARKAN SEBARANG TULISAN DARIPADA BLOG INI (MALAH DI ALU- ALUKAN ).. SEBARKANLAH ILMU ALLAH INI UNTUK MANFAAT SELURUH UMMAH. JIKA TERDAPAT SEBARANG PEMBETULAN BOLEHLAH MENGHUBUNGI PENULIS MELALUI E- MAIL: washiyat@gmail.com TIADA HAK CIPTA TERPELIHARA-

Washiyatku

TAFAKUR ISLAM 1




Tafakur Meditasi Islam Abah Didi

Untuk ketenangan, kesabaran, ketenteraman.

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (Q S:13 Ar Ra’d, ayat 28)


Asli dari Islam Mudah dipelajari Cukup berlatih lima menit sehari Dapat dilakukan di mana saja Bermanfaat seumur hidup Menimbulkan ketenangan, kesabaran, ketenteraman dalam kehidupan Menjadikan anda dapat mengatur dan mengendalikan diri sendiri Memudahkan anda mendapatkan rezeki Sebagai alat / jalan menuju selamat dunia akhirat Deskripsi Tafakur Meditasi Islam sudah dikenal dan lazim dilakukan oleh para aulia dan guru-guru mursyid Islam sejak berabad-abad yang lalu sebagai sebuah kegiatan spiritual yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ketenangan pikiran, kecerdasan intelektual, dan ketajaman intuisi.


Tafakur yang dimaksudkan di sini adalah suatu kegiatan mental dan fisik melibatkan teknik pernafasan serta konsentrasi pikiran, jika dilakukan secara teratur dan terus menerus akan menyebabkan kondisi tubuh, pikiran, dan emosi berada dalam kondisi yang terkendali dengan baik.


Tafakur Meditasi Islam Abah Didi sudah lebih dari 40 tahun diajarkan oleh Syaikhuna Al Mukarram Syech Abdullah Ibnu Mas’ud, atau lebih dikenal dengan “Abah Didi”


merupakan suatu metoda konsentrasi, mengosongkan pikiran, menarik nafas dan mengeluarkan nafas secara tenang, teratur, disertai bacaan “Subhanallah” (di dalam hati). Dilakukan minimal lima menit sehari-semalam secara rutin. Akan bermanfaat serta efektif dalam mengingat Allah SWT mulai dari sel terkecil, organ tubuh, anggota tubuh, dan seluruh tubuh, lahir batin, selamat di dunia dan akhirat yang kekal abadi.


Tujuan Tujuannya adalah meningkatkan kejernihan, ketajaman akal pikiran perasaan dalam beriman dan bertakwa kepada Allah SWT yang sangat bermanfaat untuk mengingat Allah SWT, mulai dari sel yang terkecil, organ tubuh, dan seluruh tubuh secara lahir batin agar selamat[1] dalam kehidupan dunia, dan akhirat yang kekal dan abadi. Mampu merobah pola dan pandangan manusia pada saat meniti dan menjalani kehidupan di dunia. Seluruh tubuh selalu dibiasakan mengingat Allah, karena setiap tarikan nafas dengan disertai “Subhanallah”, akan membawa masuk hawa keTuhanan “Subhanallah” bersama oksigen, yang akan menyebar ke seluruh tubuh atau ke seluruh sel dan dipergunakan untuk berbagai fungsi metabolisme.

Maka setiap sel di tubuh kita yang akan mengadakan metabolisme selalu menggunakan oksigen yang membawa “Subhanallah”. Jadi, setiap sel di seluruh tubuh manusia dari sel yang terkecil pada saat melakukan fungsi sel/ metabolisme selalu mengingat Allah dengan “Subhanallah” terlebih dahulu.

Demikian pula dengan proses yang sama pada saat mengeluarkan nafas. Kesimpulannya, dengan Tafakur Meditasi Islam Abah Didi membiasakan umat Islam untuk mengingat Allah mulai dari sel yang terkecil, organ-organ tubuh, seluruh anggota tubuh dan tubuh secara keseluruhan. Manfaat Secara garis besar, manfaat Tafakur Meditasi Islam dalam kehidupan dunia dan akhirat yang dapat diuraikan di sini akan meliputi:

1. Memperkuat konsentrasi pikiran


2. Memperkuat kesadaran dan kehadiran hati setiap kali kita menjalankan ibadah, terutama shalat, zikir, wirid.


3. Mengurangi marah


4. Meningkatkan sifat jujur


5. Meningkatkan rasa adil dan
bijaksana


6. Meningkatkan rasa welas asih

7. Memudahkan kita untuk mengucapkan kalimat- kalimat Allah dalam menghadapi setiap kejadian yang mendadak.


8. Menjaga mulut dalam hal berbicara


9. Menjaga mulut ketika makan dan minum


10. Mengatur pola tidur


11. Mengatur pola hubungan seksual Seluruh manfaat tersebut di atas dijadikan modal untuk membantu ketika melakukan identifikasi – kalkulasi – analisa – solusi dalam menghadapi masalah dalam kehidupan.


Masalah kehidupan tersebut akan mencakup aspek-aspek 5 K yaitu:

1. Keuangan

2.Jabatan, pekerjaan

3. Kesehatan

4. Keluarga

5. Kematian – menuju kehidupan akhirat Jika masalah tadi dapat diatasi dengan baik, maka akan muncul: -

Ketenangan -


Kesabaran -


Ketenteraman-

Mengingat bahwa semua manusia akan mati dan menuju atau kembali ke kehidupan akhirat, maka manfaat Tafakur Meditasi Islam dalam hal ini adalah:


1. Selamat ketika sakratul maut (akan mudah), sebab pada saat sakratul maut itu adalah saat dicabutnya nafas. Bilamana nafas kita sudah terbiasa dipenuhi dengan ‘Subhanallah’ maka ketika dicabut akan selalu mengucapkan ‘Subhanallah’

2. Selamat siksa kubur. Kalau setiap hari terbiasa diisi oleh ‘Subhanallah’ maka tubuh kita pun isinya adalah ‘Subhanallah’


3. Menghadapi api neraka. Haramlah tubuh dimakan api neraka jika tubuh dipenuhi ‘Subhanallah’


Jadi, Apakah Sebenarnya Tafakur Meditasi Islam Abah Didi itu?


Adalah tafakur yang menggunakan teknik pernafasan dan konsentrasi serta dilakukan dengan tekun dan terus menerus, secara bertahap pikiran akan terlatih untuk mengendalikan hawa nafsu, dan meningkatkan kecerdasan intelektual agar mampu membawa rasa hati kepada tingkat nilai kebaikan budi (mindfulness) yang luhur.


Dengan melakukan tafakur- meditasi Islam secara teratur dan terus menerus, kita dapat menjadikan prosesi tafakur- meditasi Islam Abah Didi sebagai sarana untuk mendapatkan jalan keluar (solusi) dari persoalan kehidupan yang akan selalu kita hadapi sepanjang hayat.


Hal ini dapat terjadi karena terjadi sebuah pola interaksi antara diri kita dan hawa “Subhanallah” yang masuk ke dalam diri kita yang akan membuat kita mampu mengingat Allah, mengenali siapa diri kita, menyadari bahwa kita ciptaan Allah, Allah yang memiliki kita – manusia, kepadaNya kita selalu ingat,


jika selalu ingat Allah – kita akan tenang. Kemudian, kita akan mampu menyadari bahwa hidup kita di dunia hanya sementara dan sebentar untuk kembali ke kehidupan akhirat yang kekal. Kita akan dan haruslah sadar pula bahwa kehidupan di dunia akan menentukan kehidupan di akhirat.


Jika kita sudah dapat menerima kerangka pikiran tersebut maka kita dapat membuat rencana- rencana kegiatan dalam kehidupan sekaligus mendapatkan cara untuk memecahkan persoalan yang selalu timbul dalam kehidupan sehingga menjadikannya sebuah sumber yang memiliki kekayaan tak terbatas.


Dengan ketersediaan fasilitas seperti ini kita akan berada dalam keadaan pikiran yang tenang kemudian menumbuhkan sikap sabar yang akhirnya menimbulkan rasa tenteram di dalam jiwa.


Apa Bezanya dengan Meditasi, Semedi dan Kegiatan Spiritual Lainnya?


Berbeza dengan ilmu tafakur saja yang menggunakan akal dalam mengingat Allah dan diri sendiri, atau meditasi saja yang melatih pernafasan disertai konsentrasi pikiran,


Tafakur Meditasi Islam Abah Didi yang diajarkan di sini adalah sebuah cara yang efektif untuk ingat dan mengingat Allah, dilakukan dengan bernafas alamiah sambil berkonsentrasi memasukkan “hawa” bersih dan suci yaitu “Subhanallah” ke dalam tubuh dan di keluarkan lagi sejalan hembusan nafas ke luar.

Dengan cara ini kita akan dapat merasakan masuknya hawa suci tadi yang bila dilakukan secara teratur minimal lima menit sehari dan dilakukan setiap hari, maka hati kita akan berangsur-angsur tenang.


Tatacara Tafakur Tafakur Meditasi Islam untuk awal latihan merupakan teknik pernafasan yang dilakukan dengan konsentrasi dengan posisi duduk atau “Sin” dengan cara bersila di lantai atau duduk di atas kursi.


Sebagai keterangan, Tafakur Meditasi ini dapat dilakukan dalam berbagai posisi, sambil duduk bersila, berdiri, serta posisi-posisi lain sesuai abjad huruf arab yang berjumlah 30 buah dari Alif hingga Ya..........sambungan